0

Pak Jokowi, Ini Jakarta Bukan Solo!

Posted by Fadhlan L Nasurung on 11:18 AM in
banjir jakarta (sumber : news.viva.co.id)

Popularitas Joko widodo alias Jokowi semakin hari kian meningkat, mengungguli rival-rivalnya pada  Pilkada jakarta putaran pertama, semakin menjadikan optimisme sang walikota solo itu menjulang, apalagi dengan ikon politik “kotak-kotak” menjadikan tampilannya sangat khas dan unik, hingga membuat ibu kota Jakarta demam kotak-kotak.

Memang banyak pihak yang memprediksikan Jokowi dengan pasangan duetnya Ahok akan mengulang kemenangan pada putaran kedua nanti, dari tingkat elektabilitas pada putaran pertama, masyarakat terlihat antusias menyumbangkan suaranya untuk pasangan Jokowi-Ahok, meningkatnya tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi tidak terlepas dari biografi politiknya sebagai Walikota Solo. Prestasi Jokowi dalam memimpin Solo oleh banyak kalangan menilainya sangat membanggakan, bahkan Jokowi di elu-elukan warganya di Solo karena keberpihakannya kepada masyarakat kecil, sehingga menjadi salah satu Walikota terbaik di dunia layak disematkan kepada dirinya.

Lalu bagaimana dengan Fauzi Bowo, sang Gubernur yang bercokol di urutan kedua pilkada putaran pertama, nampaknya boleh mengidap sindrom was-was melihat ketokohan seorang Jokowi, bagaimana tidak sebagai seorang tuan rumah di kota Betawi dia harus menerima keunggulan sementara sang tamu “kotak-kotak”. Foke bisa saja berlagak sangat optimis dapat memenangkan pilkada putaran kedua nanti, namun melihat track recordnya selama menjadi gubernur DKI yang biasa-biasa saja tanpa sepak-terjang yang wah, membuat dirinya harus bekerja ekstra meyakinkan masyarakat untuk memilihnya kembali.

Jakarta denagan tingkat kesemrawutan yang kompleks, memang akan menjadi tantangan bagi siapa saja yang diamanahkan untuk memimpinnya, berbagai problematika sosial, sarana dan infrastruktur kota jakarta yang pelik membuat tingkat pengelolaanya harus extra full. Saat-saat kampanye sekarang ini memang menjadi ladang subur untuk melahirkan sejuta konsep untuk Jakarta kedepannya, namun kembali lagi bahwa sebuah konsep sebagus apapun terkadang akan bisu menghadapi realitas sosial yang akut, karena sebuah konsep tidaklah selalu dapat berjibaku dengan kenyataan yang selalu berdinamika. Jadi siapapun yang terpilih nantinya maka harus siap secara nalar dan mental untuk memberikan segala daya untuk mengelolah Jakarta.

Jokowi boleh saja dikatakan sukses memimpin Solo, namun untuk konteks Jakarta hal itu sama sekali tidak memberikan garansi, karena Solo dan Jakarta memiliki tingkat perbedaan aspek dan sektorial yang sangat jauh, maka kalau memang Jokowi benar terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta nantinya, maka selamat mengabdikan dirimu dan masyarakat akan selalu sigap menanti karya-karya mu...  

|

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Manusia Cipta All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.